Artikel

Menziarahi Zanbal, Pemakaman Seribu Wali di Tarim Yaman

12 Aug 2021 10:25 WIB
9522
.
Menziarahi Zanbal, Pemakaman Seribu Wali di Tarim Yaman

Di Tarim Yaman, terdapat satu tempat yang selalu dikunjungi oleh para ulama dan penduduk setempat. Bahkan para tamu yang berkunjung ke kota berjuluk seribu wali itu, tak afdal jika tidak mendatanginya. Kompleks penuh berkah itu ialah pemakaman Zanbal

Pemakaman Zanbal di kota Tarim itu memiliki keistimewaan tersendiri. Bukan dilihat dari segi artsitekturnya, akan tetapi karena tempat itu hanya diperuntukkan untuk para Sadah Ba'alawi, yaitu mereka yang memiliki nasab bersambung langsung kepada Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam. Bahkan menurut ulama ahli kasyaf, Rasulullah beserta para sahabat sering berkunjung ke pemakaman tersebut.

Pemakaman Zanbal sering dikenal dengan pemakaman seribu wali karena banyaknya auliya yang dikuburkan di sana. 

Secara umum, memang benar bahwa pemakaman Zanbal hanya diperuntukkan khusus bagi mereka yang menyandang gelar Sayyid atau Syarifah yang notabenenya adalah keturunan Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam. Namun pada kenyataannya terdapat juga makam para masyayikh seperti dari keluarga Ba Hamish, Ba 'Udhan, Al-Bahri dan lainnya. 

Bisa kita bayangkan, betapa banyak keberkahan yang terdapat di pemakaman ini. Oleh karenanya, lokasi Zanbal menjadi pusat utama yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Tarim dan sekitarnya. 

Imam Syekh Abdurrahman Assegaf bin Muhammad Maulad Dawilah pernah mengatakan, “Lebih dari sepuluh ribu auliya Akbar dan delapan puluh wali qutub dari keluarga Alawiyyin dikebumikan di pemakaman Zanbal.”

Statemen Syekh Abdurrahman Assegaf Syekh Abdurrahman Assegaf sudah dikatakan semenjak 607 tahun yang lalu. Dan pastinya jumlah auliya yang dimakamkan di sana kian bertambah seiring berjalannya waktu hingga sekarang.

Di pemakaman Zanbal, terdapat tiga buah kubah yang berdiri kokoh. Pembangunan kubah ini bertujuan sebagai pembeda dari makam-makam yang lainnya. Makam yang dibangun kubah di atasnya hanyalah makam seorang wali masyhur yang memiliki derajat tinggi dalam tingkat kewalian.

Kubah yang pertama, ialah kubah Al-Habib Abu Bakar bin Abdullah Basyemeleh yang berada di sisi timur pemakaman Zanbal. Kemudian kubah Al-Habib Abdullah bin Syaikh Al-Aydrus yang terletak di ujung barat. Dan kubah yang terakhir ialah kubah Al-Habib Abdullah bin Abu Bakar Aydrus yang berada di antara keduanya. Makam beliau ditutupi dengan tabut (kotak kayu) dengan ukiran kaligrafi Arab.

Sedangkan makam Imam Abdullah bin Alawi Al-Haddad, yang dikatakan sebagai Mujaddid Islam ke–5 dibedakan dengan dibangun tsaqifah (atap) di atasnya dan makam beliau terletak di bagian selatan kubah Al-Habib Abdullah bin Abu Bakar Aydrus.

Begitu pula sama halnya dengan makam Al-Imam Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin Ali Baalawi yang merupakan tonggak utama Tarekat Alawiyah yang berada di sebelah barat kubah Al-Habib Abu Bakar bin Abdullah Basyemeleh. Di situ juga terdapat makam Syekh Abdurrahman Assegaf, Syekh Umar Al-Muhdhor, dll.

Terletak 20 meter dari pintu utama, terdapat kumpulan makam yang batu nisannya sudah rata dengan tanah dan dipagari. Di sanalah pemakaman khusus sahabat yang pernah ikut berperan dalam perang Badar. Mereka syahid ketika mengemban tugas dari khalifah Abu Bakar As-Shiddiq untuk memerangi sekelompok kaum yang enggan membayar zakat. Para sahabat ini dikomandoi oleh Ziyad bin Labid Al-Anshari Ra. Perang ini disebut dengan Riddah yang berlokasi di Hadramaut Yaman.

Salah satu ulama menuturkan riwayat, “Di pemakaman Zanbal dikuburkan para sahabat Rasulullah. Mereka wafat ketika menunaikan tugas untuk memerangi ahli riddah. Banyak dari mereka wafat di Tarim dan tidak diketahui secara pasti letak keberadaan kuburnya.”

Namun, Imam Syaik Abdurrahman Assegaf bin Muhammad Maula Ad-Dawilah menegaskan bahwa pemakaman mereka terletak di sebelah timur makam Al-Ustadz Al-A'dzhom Al-Faqih Al-Muqoddam Muhammad bin Ali Baalawi.

Saat ini, telah banyak orang yang datang berziarah dari berbagai belahan dunia ke pemakaman Zanbal, Tarim. Karena disebutkan juga dalam salah satu riwayat bahwa berziarah ke kompleks tersebut adalah cara agar memperoleh futuh (dibukakan ilmu baginya).

Selain itu, berziarah juga merupakan salah satu perbuatan yang sangat dianjurkan dalam syariat, terlebih lagi jika yang diziarahi adalah kekasih Allah, maka akan lebih kuat anjurannya. Selain mengingatkan kita kepada kematian, hal itu mampu menjadikan hati kita lebih dekat dengan Allah swt dan cepat dikabulkannya dalam segala hajat.

Berziarah ke makam para wali Allah termasuk di pemakaman Zanbal memiliki tata krama dan adab-adab yang harus diperhatikan. Dengan ini para ulama radiyallahu anhum telah menentukan batasan-batasan dan cara berziarah yang sesuai secara syariat. Wallahu a'lam bis showab.


Faisal Zikri
Faisal Zikri / 69 Artikel

Pernah nyantri di Daarul 'Uulum Lido Bogor. Sekarang meneruskan belajar di Imam Shafie Collage Hadhramaut Yaman. Suka membaca, menulis dan sepakbola.

Mamat kaili
20 November 2022
Doa kan saya ,semoga segera bisa berziarah ke zanbal
Siswanto
19 March 2023
Barokalloh Bisa bawakan pasir dari makam zambal tuk tabaruk di indo ini no wa 081335662814
Nabila
03 June 2023
Alhamdulillah.. Putri saya siang td ziaroh ke zanbal sebelum mulai belajar di Daruzzahro. InsyaAllah smg dapat keberkahan dr para wali.. Amiin

Baca Juga

Pilihan Editor

Saksikan Video Menarik Berikut: